Powered By Blogger

Selasa, 04 Januari 2011


DESAIN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran         : FISIKA
Kelas / semester       : XII/ Semester I
Sekolah                    : SMA






OLEH :
Nama       : Riswanto
NPM        : 08330464
Prodi        : Pendidikan Fisika
Semester : III (tiga)



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2009
DESAIN PEMBELAJARAN

Pelajaran                      : Fisika
Kelas/semester            : XII / semester I
Sekolah                       : SMA

Standar Kompetensi :
2. Menerapakan konsep kelisrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian    masalah dan produk teknologi

Kompetensi Dasar :
2.1 Memformulasikan gaya listrik , kuat medan listrik, fluks listrik, potensial listrik, serta penerapannya pada keping sejajar.

Indikator :
  1. Siswa mampu menerapkan konsep gaya listrik, medan listrik, hukum coloumb, dan hukum gauss dalam suatu muatan listrik.
  2. Siswa mampu merumuskan konsep potensial listrikdan energi potensial listrik.
  3. Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis kapasitor dan formulasinnya.
  4. Siswa mampu merumuskan rangakain seri, paralel, dan gabungan dalam kapasitor.
  5. Siswa mampu merumuskan prinsip kerja kapasitor dan penerapannya dalam suatu produk teknologi.

Tujuan Instruksional Khusus :
  1. Jika diberikan konsep gaya listrik, maka siswa akan dapat menyebutkan muatan yang terkandung dalam listrik tersebut lengkap dengan gejalannya.
  2. Jika diberikan dua buah muatan positif dan negatif yang memilki jarak r, maka siswa akan dapat menghitung besarnya gaya coloumb lengkap dengan arahnya.
  3. Jika diberikan konsep hukum coloumb, maka siswa akan dapat menyebutkan contoh peristiwa hukum coulomb beserta muatannya.
  4. Jika diberikan arah muatan listrik dan jarak antara muatan pada gaya coloumb, maka siswa akan dapat menganalisis perbandingan jarak muatan lengkap dengan satuannya.
  5. Jika diberikan pengertian medan listrik, maka siswa akan dapat mengambarkan arah medan listrik lengkap dengan muatannya.
  6. Jika diberikan massa suatu benda dan muatannya maka siswa akan dapat menghitung besarnya kuat medan listrik beserta arahnya.
  7. Jika diberikan konsep hukum gauss, maka siswa akan dapat menyebutkan bunyi hukum gauss lengkap dengan arahnya.
  8. Jika diberikan muatan pada suatu benda, maka siswa akan dapat menghitung besarnya fluks listrik lengkap dengan satuannya.
  9. Jika digambarkan sebuah bola konduktor yang memilki suatu muatan, maka siswa akan dapat menghitung besarnya kuat medan listrik bola tersebut lengkap dengan satuannya.
  10. Jika diberikan sebuah benda atau titik yang memiliki muatan dan jari-jari r, maka siswa akan dapat menghitung besarnya beda potensial benda tersebut lengkap dengan satuannya.
  11. Jika diberikan muatan dan beda potensial suatu benda maka siswa akan dapat menghitung besarnya energi dan usaha suatu benda lengkap dengan satuannya.
  12. Jika diberikan konsep kapasitor, maka siswa akan dapat menyebutkan penerapan kapasitor pada alat elektronika dan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya kapasistansi kapasitor lengkap dengan besarannya.
  13. Jika diberikan kapasistansi sebuah kapasitor dan beda potensialnya, maka siswa akan dapat menghitung besanya energi yang tersimpan dalam sebuah kapasitor lengkap dengan satuannya.
  14. Jika diberikan sebuah teganggan dan konstanta dielektrik, maka siswa akan dapat menganalisis besarnya tegangan pengganti pada kapasitor lengkap dengan satuannya.
  15. jika diberikan kapasitor yang dirangkaikan scara seri, paralel, dan gabungan , maka siswa akan dapat menghitung besarnya kapasistansi dan muatan penggantinya lengkap dengan satunnya.



Tes Acuan Patokan
1.      Jika sebuah penggaris digosokan pada rambut kering, maka plastik dan rambut muatannya masing-masing menjadi..............
a.       Negatif dan positif
b.      Netral dan positif
c.       Positif dan negatif
d.      Positif dan netral
e.       Keduanya netral

2.      Tentukanlah besarnya gaya coulomb beserta arahnya jika diketahui sebuah partikel bermuatan + 50 mc dan – 20 mc berjarak 0,5 m ( k = 9 x 109 Nm2).........
a.       3,6 x 107 C , tarik menarik
b.      2,25 x 107 C, tolak menolak
c.       3,6 x 107 C, tolak menolak
d.      2,25 x 107 C, tolak menolak
e.       3,6 x 107 C , keduanya diam

3.      Hukum coulomb dapat terjadi karena suatu benda memiliki muatan, di bawah ini yang termasuk peristiwa hukum coloumb adalah...........
a.       balon yang digosokan pada kain akan menempel di badan
b.      balon yang dipompa terus menerus akan meletus
c.       balon yang melayang di udara
d.      balaon yang meletus karena dipanaskan
e.       balon yang dialiri listrik

4.  Dua buah muatan listrik tolak menolak dengan gaya coloumb F memiliki jarak r. Jika muatan masing-masing diperbesar menjadi tiga kali semula agar menjadi tetap, berapakah jarak muatan saat ini...........
      a. 3r meter                                    
      b. 9r meter
      c. 6r meter
      d. r meter
      e. 0,3r meter
5.   Medan listrik adalah suatu muatan yang dipengaruhi oleh gaya listrik. Gambar dibawah ini merupakan arah gaya medan adalah............








 

      a.                                                   b.                                 e.
                     +                                                   +                                    +

















 


     
       c.            -                                     d.           -



















 




6.      Sebuah benda melayang diudara bermassa 10-6 kg memiliki gaya berat terhadap gravitasi dan bermuatan 10-7 C tentukan besarnya kuat medan listrik dan arahnya.......
a.       10-2 N/C, Berlawanan dengan W
b.      10-2 N/C, Searah dengan W
c.       102  N/C , Searah dengan W
d.      102 N/C,  Berlawanan dengan W
e.       10-2 N/C, tegak lurus dengan W

7.      Jumlah fluks listrik akan tegak lurus terhadap suatu permukaan tertutup di dalam suatu medan listrik dan sebanding dengan jumlah aljabar muatan listrik, pernyataan ini merupakan konsep .........?
a.       Hukum kolom
b.      Hukum fluks listrik
c.       Hukum gauss
d.      Hukum kirchoff
e.       Hukum medan listrik

8.   Tentukan besarnya rapatan muatan (fluks listrik) suatu benda yang berbentuk  persegi dengan sisinya  0.4 cm,jika diketahui muatannya sebesar  ?
a. 0,25 C/m2                              d.  4      m/C2                                                          
b. 4      C/m2                         e. 16 x 102 m/C2            
c. 0,25 m/C2
9.                         A
Gambar disampaing merupakan sebuah bola pejal dengan muatan 25 x 10-8 , hitunglah besarnya kuat medan llistrik diluar bola ( dititik A)

  1. 27 x 10-6 N/C
  2. 45 x  10-3 N/C
  3. 27 x 10-5  N/C
  4. 45 x 103  N/C
  5. 1,8 x 10-5 N/C

10. Sebuah benda melayang di udara memilki muatan 8 x 10-11 dengan jari-jari 8 cm, tentukan besarnya beda potensial benda tersebut jika diketahui k = 9 x 109   Nm2/c2....
a. 1,125 volt
b. 1,125 x 103 volt
c. 9 volt
d. 9 x 103 Volt
e. 7,1 volt

11. Sebuah bola konduktor dengan jari-jari 20 cm dan memilki muatan 100 mc , tentukan besarnya beda potensial listrik di luar bola yang berjarak 15 cm dari pusat bola...........
a. 4,5 x 109 volt
b. 4,5 x 1010 volt
c. 59,5 x 108 volt
d. 59,5 x 109 volt
e. 1,8 x 107 volt

12. tentukanlah usaha yang dilakukan untuk memindahkan muatan muatan sebesar 5 nC pada medan listrik yang memilki beda potensial sebesar 60 x 10-3 N/C.........
a. 3 x 10-9 Joule                             d. 0,083 joule             
b. 12 x 10-9 Joule                           e. 12 joule
c. 30 x 10-9 Joule
13. Berapakah energi potensial antara dua buah muatan 2 mC dan 4 mC  yang berjarak 3 cm di udara.............
a. 54 x 10-1 Joule
b. 0,054 joule
c. 6 x 102 Joule
d. 0.024 Joule
e. 24 x 10-2 Joule

14. Kapasitor merupakan alat penyimpan arus listrik yang digunakan pada suatu alat elektronik, di bawah ini jenis kapasitor yang digunakan dalam keyboard komputer adalah ........
  1. kapasitor elektrolit
  2. kapasitor tentalium
  3. kapasitor keramik
  4. kapasitor mika
  5. kapasitor variabel

15. Sebuah kapasitor bermuatan 6 x 10-3 mC dipasanga pada tegangan 3 volt tentukan besarnya kapasistansi kapasitor tersebut..........
  1. 3 x 10-6 microfarad
  2. 1/3 x 10-6 microfarad
  3. 18 x 10-2 farad
  4. 3 x 10-6 farad
  5. 18 x 10-3 farad          

16. sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya kapasistansi suatu kapasitor keping sejeajar...........
  1. muatan dan tegangan
  2. arus dan tegangan
  3. muatan dan arus
  4. energi dan medan listriknya
  5. muatan dan medan listriknya


17. Sebuah kapasitor memilki kapasistansi sebesar 15 x 10-3 mC di pasang pada tegangan 20 volt , tentukan besarnya energi yang tersimpan pada kapasitor tersebut ........
  1. 12 Joule
  2. 3 Joule
  3. 6 Joule
  4. 9 Joule
  5. 15 Joule

18. Sebuah kapasitor kepeing sejajar dipasang pada tegangan 120 volt, tentukanlah besarnya potensial kapasitor tersebut jika disisipkan dielektrik sebesar 6,0...........
  1. 144 Volt
  2. 20 Joule
  3. 40 Volt
  4. 20  Volt
  5. 144 Joule

19. Tiga buah kapasitor dengan kapasistansi 2 mF, 6 mF, dan 12 mF dihubungkan pada tegangan 6 volt secara seri , hitunglah besarnya muatan total kapasitor tersebut.......
  1. 8 x 10-3 C
  2. 8 x 10-3 mC
  3. 4,5 x 10-8 C
  4. 4,5 x 10-3 mC
  5. 4,5 x 10-6 C

20. Ada tiga buah kapasitor memilki kapasistansi berturut-turut 3 mF, 2 mF, dan 4 mF, kapasitor dihubungkan degang beda potensial yang tersusun secara paralel . tentukanlah besarnya muatan masing-masing kapasitor.......
a. 36 mF, 18 mF, dan 27 mF
b. 27 mF,  36 mF, dan 18 mF
c. 27 mF, 18 mF, dan 36 mF
d. 18 mF, 27 mF dan 36 mF
e. 3 mF,  4.5 mF dan 2.25 mF
Kunci  Jawaban
1.      B                                    11. B  
2.      C                                    12. A
3.      A                                    13. E
4.      A                                    14. E
5.      E                         15. D
6.      D                                    16. A
7.      C                                    17. B
8.      A                                    18. D
9.      D                                    19. A
10.  C                                    20. C























STARTEGI PEMBELAJARAN
I.       Strategi Pembelajaran


No
Uraian Kegiatan Intruksional
Metode
Media
Waktu Menit
Guru
siswa
Jmh
1
2
3
4
5
6
7
8
PENDAHULUAN

Deskripsi
Singkat

Dalam kegiatan pembelajaran ini kita akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan konsep listrik statis seperti gaya listruk, medan listrik, hukum gauss, dan hukum coloumb. Dimana Pada dasarnya muatan listrik akan memiliki energi potensial listrik dan muatan listrik tersebut dapat disimpan dalam suatu alat  yang kita sebut dengan kapasitor. Kapasitor tersebut memilki jenis-jenis yang beragam tergantung pada kegunaannya.
ceramah
Spidol dan white board
5
-
5

Relevansi

Konsep listrik statis diterapkan pada kapasitor yang terdapat dalam alat-alat elektronika seperti pada komputer, tape recorder dan alat-alat elektronika lainnya.
ceramah
Spidol dan white board
5
-
5

TIK
Dengan diberikan penjelasan mengenai konsep listrik statis maka siswa akan dapat merumuskan dan menghitung besarnya gaya listrik, medan listrik, hukum coloumb, hukum gauss pada muatan listrik dan merumuskan konsep potensial listrik, energi potensial, serta penerapanya pada kapasitor dalam kehidupan sehari-hari,
ceramah
Spidol dan white board
10
-
10
PENYAJIAN

Uraian
Materi
Penjalasan tentang :
1.    Pengertian gaya listrik, medan listrik, hukum gauss, dan hukum co;oumb
2.    Hubungan antara gaya listrik , medan listrik , hukum gauss, dan hukum coloumb pada muatan listrik,
3.    Pengertian enegi potensial listrik dan formuasinya.
4.    Fungsi dan jenis-jenis kapasitor, kapasistansi kapasitor dan formulasinya.
5.    Prinsip kerja kapasitor dan penerapanny dalam alat – alat elektronoka
Ceramah yang diikuti dengan tanya jawab
Spidol dan white board
55
15
70

Contoh
Contoh sederhana listrik statis dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan mencontohkan mistar yang digosokan pada rambut akan memiliki muatan listrik.
Mencontohkan penggunaan sebuah kapasitor dalam alat elektronika seperti pada tape recorder.
Tanya jawab dan ceramah






Spidol dan white board
15
10
25

Latihan
Melakukan praktik memuati dan menghilangkan muatan listrik dalam sebuah kapasitor.
Siswa berlatih menggunakan rumus-rumus yang telah diajarkan dalam bentuk soal-soal.
Praktik
Disesuiakan dengan aLat-alat yang dibutuhkan
10
25
35
PENUTUP

Tes
Formatif
Dan
Umpan
Balik

Pelaksanaan dilakukan dalam bentuk tes pilihan ganda 10 soal.
Dilakukan penilaian terhadap jawaban siswa untuk menilai tingkat penguasaan siswa
Mengidentifkasi kesulitan yang masih dirasakan oleh siswa sehubungan dengan uraian materi dan latihan yang telah diberikan.
Melaksanakan tes dan diskusi
Lembar tes akhir
5
10
15

Tindak
Lanjut
Follow Up

Menjelaskan kembali bagian-bagian ang belum dipahami oleh siswa.
Penugasan kepada siswa untuk membawa dan mencari kapasitor yang berbeda jenis dan ukuran yang diambil dalam alat elektronik bekas
ceramah
Lembar kerja modul
5
10
15





110
70
180


Keterangan: 1 x pertemuan = 60 menit
                     3 x 60 menit    = 180 menit

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

LISTRIK STATIS
Listrik statis adalah gejala tentang interaksi muatan yang tidak bergerak atau tidak bergerak secara permanen. Gaya listrik merupakan tarikan atau tolakanmuatan , dimana muatan sejenis tolak- menolak dan muatan yang berbeda jenis akan tarik-manarik. Orang yang yang pertama kali menelidikinya adalah seorang fiskawan perancis yag bernama Charles de coloumb, dia menemuka bahwa gaya antara muatan yang bekerja sepanjang garis yang menghubungkan keduannya denga besar yang sebanding dengan besar kedua muatan dan berbanding terbalik terhadap kuadrat jaraknya. Hasil pengamatan ini melahirkan hukum coloumb yang secara matematis ditulis sebagai
 
MEDAN LISTRIK
Medan listrik merupakan sutau daerah atau ruang disekitar muatan yang masih dipengaruhi oleh gaya listrik, oleh Micahael Faraday digambarkan sebagai medan listrik yang dimulai ( keluar ) pada muatan negatif. Kuat medan listrik yang semakin besar digamabrkan dengan garis medan yang semakin rapat.













 

 
            +                                                           -                                             


Kuat medan listrik dapat dirumuskan menjadi :
Kuat medan listrik dalam sebuah bola pejal dan bola konduktor tentunya berbeda –beda.
1.            kuat medan litrik dalam bola pejal bermuatan dapat dirumuskan.
a.       kuat medan listrik di luar bola pejal bermuatan ( r > R )
   r                                           

          
                 
b.       kuat medan listrik pada permukaan bola pejal bermuatan ( R = r )
             R
                  P                     


c.        Kuat medan listrik dalam permukaan bola pejal bermuatan ( r < R )
   
                                               
             P

2.            kuat medan listrik dalam bola konduktor  ( kulit bola )

  1. kuat medan listrik di luar kulit bola bermuatan

  1. kuat medan listrik di permukaan kulit bola bermuatan
  1. kuat medan listrik di dalam kulit bola bermuatan

HUKUM GAUSS
” Bahwa jumlah garis medan yang menembus ( keluar masuk ) pada sutau permukaan tertutup akan sama dengan    kali jumlah muatan listrik yang dilingkupi oleh permukaan tertutup  ”

 

                 Michael Faraday memperkenalkan cara menggambarkan medan (listrik, magnet, maupun gravitasi) melalui konsep garis gaya (garis medan). Garis gaya adalah garis-garis lengkung dalam medan yang dapat menunjukkan arah serta besarnya E pada setiap titik masing-masing dengan garis singgung dan kerapatan garisnya pada titik yang bersangkutan
Garis-garis gaya berawal pada titik muatan positif dan berakhir pada titik muatan negatif. Diantara titik awal dan titik akhir, garis gaya selalu kontinu dan tidak mungkin berpotongan, kecuali pada titik muatan lain yang terdapat diantaranya
Jumlah garis-garis gaya listrik yang menembus suatu permukaan secara tegak lurus didefenisikan sebagai fluks magnetic

POTENSIAL DAN ENERGI POTENSIAL LISTRIK

Energi potensial merupakan kerja atau energi permuatan satuan ( muatan uji ) yang di perlukan untuk memindahkan muatan uji dan tak berhingga ke suatu titik r .
Secara sistematis dirumuskan menjadi :
1. besarnya potensial listrik dalam bola pejal bermuatan
  1. Di luar bola pejal bermuatan
  1. Di permukaan bola pejal bermuatan
  1. Di dalam bola pejal bermuatann

1. Besarnya potensial dalam bola konduktor bermuatan ( bola penghantar )
  1. Titiknya terletak di luar bola konduktor bermuatan
  1. Titiknya terletak pada permukaan bola konduktor bermuatan
  1. Titiknya terletak di dalam bola konduktor bermuatan
Di dalam bola konduktor bermuatan tidak terdapat fluks listrik . sehingga potensial di dalam bola konduktor sama dengan potensial di permukaannya
                  Sehingga menjadi :           

USAHA DAN ENERGI POTENSIAL





KAPASITOR

 Kapasitor merupakan komponen pasif elektronika yang sering dipakai dalam merancang sutau sistem yang berfungsi memblokir arus DC, sebagai filter dan penyimpanan muatan listrik serta sebagai penerima gelombang pada radio. Di dalam kapasitor terdapat dua buah pelat elektrode yang saling berhadapan dan dipisahkan oleh sebuah isolator yang dinamakan dielektrik. Selama kapasitor melakukan melakukan pengisian , arus mengalir , aliran arus tersebut akan berhenti bila kapasitor telah penuh . perbedaan muatan pada kapasitor terletak pada bahan dielektriknya .

Kegunaan kapasitor dalam berbagai rangkaian listrik adalah:
a.  mencegah loncatan bunga api listrik pada rangkaian yang mengandung kumparan, bila tiba-tiba      arus listrik diputuskan dan dinyalakan
b.  menyimpan muatan atau energi listrik dalam rangkaian penyala elektronik
c.  memilih panjang gelombang pada radio penerima
d.  sebagai filter dalam catu daya (power supply)

Bentuk kapasitor
a.  kapasitor kertas (besar kapasitas 0,1 F)
b.  kapasitor elektrolit (besar kapasitas 105 pF)
c.  kapasitor variabel (besar kapasitas bisa di ubah-ubah dengan nilai kapasitas maksimum 500 pF)
Rangkaian Kapasitor
Rangkaian kapasitor secara seri akan mengakibatkan nilai kapasitansi total semakin kecil. Di bawah ini contoh kapasitor yang dirangkai secara seri.
Rangkaian kapasitor secara paralel akan mengakibatkan nilai kapasitansi pengganti semakin besar. Di bawah ini contoh kapasitor yang dirangkai secara paralel.
Kapasitas Kapasitor
Kapasitas kapasitor adalah banyak muatan yang tersimpan dalam kapasitor ketika di hubungkan dengan beda potensial tertentu. Besarnya kapasitansi (C) adalah.
    Keterangan
    C  = Kapasitas kapasitor, farad
                 q  = muatan yang tersimpan, coulomb
                  V = beda potensial, volt
CONTOH SOAL :
1. Sebuah kapasitor dengan kapasitas 0,5 F dimuati dengan baterai 12 volt. Hitunglah besar muatan yang tersimpan dalam kapasitor tersebut
Jawab
C = 0,5 10-6F
V = 12 V
Q  = C.V
    = 0,5 . 10-6(12)
    = 6.10-6  C
Tampilan:
C  =  kapasitas keping sejajar, farad
εr  =  permitivitas relatif bahan penyekat
 ε  =  permitivitas  bahan penyekat
ε0 =  permitivitas vakum
         8,5 x 10-12C2/N-1m-2
d  =  Jarak antar keping, m

Contoh soal
1. Hitunglah kapasitansi keping sejajar dengan ukuran (0.1 m x 0.1m) yang berada di   udara dengan jarak antar keeping 5 mm.
Dengan ε0 = permitivitas vakum =   8,5 x 10-12C2/N-1m-2
Jawab
A  =  0,1 x 0,1 = 10-2 m2
d  =  5 x 10-3 m
εr = 1
Energi yang tersimpan dalam kapasitor ( W ) dinyatakan dengan persamaan
W = q2/C
    = qV
 
Keterangan:
W =  Energi yang tersimpan dalam kapasitor, J
q  =  muatan pada kapasitor, coulomb
C  =  kapasitas kapasitor, farad
V  =  Beda potensial, volt
Pada susunan seri kapasitor berlaku     Kapasitor equivalen
  • muatan pada tiap-tiap kapasitor adalah sama, yaitu sama dengan muatan pada kapasitor pengganti qs = q1 = q2 = ....
  • Beda potensial pada ujung-ujung kapasitor pengganti adalah sama dengan jumlah beda potensial ujung-ujung tiap kapasitor V s = V 1 + V 2 + ....
  • Besarnya kapasitas kapasitor pengganti susunan seri dari beberapa buah kapasitor dapat dihitung V s = V 1 + V 2 + ....

      karena qs = q1 = q2 = .... maka
            
Susunan Paralel Kapasitor
                      
Pada susunan paralel kapasitor berlaku  Kapasitor equivalen
  • Beda potensial tiap-tiap kapasitor sama, yaitu sama dengan potensial sumber
    Vp = V1 = V2 = ....
  • Muatan kapasitor pengganti sama dengan jumlah muatan tiap-tiap kapasitor
    qp = q1 + q2 ....
  • Untuk menentukan besar kapasitas kapasitor pengganti susunan paralel CP dari beberapa buah kapasitor dapat dihitung
qs = q1 + q2 + ....
VpVp = C1V1 + C2V2 +..... karena Vp = V1 = V2 = ....



LAPORAN UJI COBA
a.    Pelaksanaan
Hari/tanggal    : Kamis, 31 Desember 2009
Tempat            : 15A Kampus, Metro timur.
Subjek             : 9 Siswa

b. Hasil Uji coba
Nama Siswa
TIK/ Soal + Bobot
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
3%
4%
3%
7%
3%
10%
3%
5%
7%
5%
6%
5%
5%
5%
4%
3%
3%
7%
5%
5%
Agus setyawan
x
x
x
76%
Reni susanti
x
x
x
x
x
72%
Eko siswanto
x
x
x
x
72%
Heri prabowo
x
x
x
77%
Muhammad sulaiman
x
x
83%
Rio alen wicaksi
x
x
x
86%
Shelly nasya putri
x
x
x
76%
Florentina boru.T.
x
x
x
76%
Siska armelia sari
x
x
x
76%


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

1.      Kelebihan
a)      Penyampaian materi bahan ajar cukup detail sehingga siswa akan banyak memperoleh materi.
b)      Tes yang diberikan kepada siswa sesuai dengan TIK .
c)      Dalam penyampain materi disertai dengan tanya jawab sehingga siswa tidak merasa jenuh.
d)     Dalam kegiatan pembelajarannya disertai dengan praktikum sehingga siswa dapat langsung mempraktekkan teori yang telah diperoleh
e)      Penyusunan strategi sudah cukup baik sehigga siswa mampu menguasai materi yang diberikan

2.   Kekurangan
a)      Waktu yang digunakan siswa untuk mengerjakan soal terlalu lama
b)      Penjelasan guru terlalu cepat
c)      Bentuk soal yang di buat oleh guru terlalu rumit.
d)     Tulisan guru dalam white board kurang jelas sehingga siswa yang duduk dibelakang kurang jelas melihat tulisan guru.
e)      Waktu penyampaian materi kurang, sehingga materi tidak secara keseluruhan terpenuhi


















LAMPIRAN

1. Tabel Spesifikasi

Daftar
Prilaku
Bobot
Prilaku
Jenis
Tes
Jumlah
Butir Tes
Nomor
Soal

Menyebutkan

18%
PG
5 soal
PG no. 1, 3, 7, 13, 15.

Menggambarkan

3%
PG
1 soal
PG no. 5

Menghitung

48%
PG
10 soal
PG no. 2, 8, 10, 11, 12, 14, 16, 17, 19, 20
Menganalisis
31%
PG
4 soal
PG no. 4 ,6 ,9, 18,



2. Panduan Praktikum

Litrik Statis
1.            Tujuan
a.       Untuk mengetahui adanya muatan listrik tidak bergerak pada suatu benda

2.            Alat dan Bahan
a.       Pengaris
b.      Sobekan kertas kecil-kecil
c.       Rambut kering

3.            Cara Kerja
a.       Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
b.      Menyobek kertas hingga hingga menjadi kecil – kecil
c.       Menggosok-gosokan penggaris



Kapasitor
1.            Tujuan :
a.       siswa dapat mengamati cara memuati dan melapaskan muatan dari sebuah kapasitor.

2.            Alat dan Bahan :
  1. 2 buah kapsitor dengan muatan 500  dan 1000
  2. Kabel penghubung
  3. Amperemeter 
  4. Penjepit atau tang
  5. Power supply

3.            Cara kerja
  1. menyiapakan alat dan bahan yang dperlukan
  2. memasang kabel penghubung pada power supply , kemudian menjepitkan kapaitor pada kabel penghubung.
  3. menghidupkan power supply sehingga kapasitor kan terisi arus listrik.
  4. melepaskan kapasitor dari kabel penghubung kemudian membaca arus yang masuk pada amperemeter yaitu dengan cara memasang kabel penghubung pada amperemeter, kemudian menjepit kapasitor tersebut, kemudian mencatat hasilnya.
  5. melepaskan muatan pada kapasitor dengan mengabungkan atau menyentuhkan kedua kaki pada kapasitor.
  6. mengulangi kegiatan 2-5 dengan menggunakan kapasitor yang memilki muatran yang berbeda.











3. Tes evaluasi formatif

1. Pada kapasitor yang berkapasitas C diberi muatan listrik sebanyak Q sehingga padanya timbul beda potensial V. Besar energi didalamnya kapasitor    adalah
  1. QV2                                           d. Q2/V
  2. CV                                             e. Q2V
  3. VC2
 Kunci : A
2. Ada empat buah benda titik yang bermuatan yaitu A, B, C, dan D. Jika A menarik B, A menolak C, dan C menarik D sedangkan D bermuatan negatif, maka …..
  1. muatan B positif, muatan C positif
  2. muatan B positif, muatan C negatif
  3. muatan B negatif, muatan C positif
  4. muatan B negatif, muatan C negatif
  5. muatan A positif, muatan C negatif
kunci : C
3. Energi potensial suatu muatan q yang terletak sejauh r dari muatan q adalah …
  1. berbanding lurus dengan r
  2. berbanding lurus dengan r2
  3. berbanding terbalik dengan r
  4. berbanding terbalik dengan r2
  5. tidak tergantung pada r
kunci : C


4. Sebuah kapasitor 50 mF dihubungkan dengan sumber tegangan hingga dapat menyimpan energi sebesar 3,6 . 10-1 joule. Muatan yang tersimpan dalam kapasitor adalah …
  1. 3,5 . 10-3 C                                     d. 6,0 . 10-2 C
  2. 6,0 . 10-3 C                                     e.  4,2 . 10-3 C
  3. 3,6 . 10-2 C
Kunci : C
Jawab :            dik : C = 50 mF = 50 x 10-6 F
                       
                                W = 3,6 . 10-1 joule
W = q2/C
q2 = W x C                          =  3,6 . 10-1 50 . 10-6
                                            = 
                                            =  4,2 . 10-3 C
5. Kuat medan listrik di suatu titik sejauh r dari muatan listrik q akan diperbesar menjadi 125 kali semula, ini dapat dilakukan dengan cara ………..
  1. memperbesar muatan menjadi 5 kali dan jarak 25 kali
  2. memperkecil jarak menjadi 1/5 kali dan muatan 25 kali
  3. memperkecil jarak menjadi 1/125 kali dan muatan 5 kali
  4. memperbesar jarak menjadi 125 kali
  5. memperbesar muatan menjadi 5 kali dan jarak 1/5 kali
kunci : E
jawab :
               





6. Jika dua kapasitor yang mempunyai kapasitansi sama dihubungkan paralel, maka kapasitansi total akan menjadi……..
  1. dua kali kapasitansi salah satu kapasitor
  2. setengah kali kapasitansi salah satu kapasitor
  3. sama seperti satu kapasitor
  4. satu setengah kali satu kapasitor
  5. dua setengah kali satu kapasitor
Kunci A

jawab : merupakan rumus auntuk mencari hambatan pengganti pada rangkaian paralel.

7. Untuk memindahkan muatan positif yang besarnya 10 coulomb dari suatu titik ke suatu titik yang potensialnya 10 volt diperlukan usaha sebesar……….
  1. 5 volt/coulomb                       d.    500 joule
  2. 100 joule                                e.     500 volt ampere
  3. 600 joule
Kunci : B
Jawab Ep = q .v                       = 10 coulomb x 10 volt
                                                = 100 joule

8. Tiga buah kapasitor masing-masing berkapasitas C. Jika dihubungkan secara paralel, maka harga kapasitas ganti yang mungkin adalah……….
  1. 3C                                          c.                  e. 1/2C
  2.                                         d.   

Kunci C

9. Segumpal awan mempunyai potensial 8.10volt terhadap bumi. Ketika terjadi kilat, antara awan dan bumi muatan listrik sebesar 40 coulomb dilepaskan. Banyaknya energi yang hilang pada peristiwa itu adalah………
  1. 6 . 106 joule                            d.    1,6 . 108 joule
  2. 2 . 105 joule                            e.     3,2 . 108 joule
  3. 3 . 107 joule                           


Kunci E
Jawab : Ep = q .v                               = 8.10volt x 40 coulomb
                                                           = 3,2 x 108 joule

10. Potensial di suatu titik yang berjarak r dari muatan Q adalah 600 volt. Intensitas medan di titik tersebut = 400 N/C. Jika
k = 9.109  Nm2/C2, maka besar muatan Q adalah ……….
  1. 2.25 . 109 C                            d.    10-7
  2. 4,40 . 108 C                            e.     1,5 . 10-9
  3. 7,00 . 109 C
Kunci : D
Dik =      v = 600 volt
               E = 400 N/C
               k = 9.109  Nm2/C2
Jawab :    

1 komentar:

  1. JW Marriott Las Vegas NV | The Hotels - KTNV
    Located in the heart of Downtown Las Vegas, 부천 출장마사지 the 광주 출장안마 JW Marriott Las Vegas is a 10,000-room, 5,000-square-foot casino, luxury 통영 출장마사지 hotel, luxury spa, 익산 출장안마 and a 동두천 출장마사지

    BalasHapus